feedburner

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur adipisicing elit,
sed do eiusmod tempor incididunt ut labore
et dolore magna aliqua.

Kegagalan dunia kedokteran modern

Label: knowledge

Kegagalan dunia kedokteran modern akibat pendekatan pada penyakit dan obat menjadi prioritas utama daripada pendekatan pada pola makan dan pola hidup. "Superb health can be achieved through balance nutrition, exercise and positive mind" or "kesehatan optimal dicapai melalui nutrisi yang seimbang, cukup gerak, dan keharmonisan pikiran. Pepatah yang artinya, masa depan tubuh kita sangat ditentukan oleh apa yang kita makan. Makanan yang kita makan akan menentukan kualitas tubuh kita, karena itu kalau yang kita berikan ke tubuh kita adalah makanan yang asal enak dan mengenyangkan tanpa peduli akan kepentingan tubuh kita, ia ibarat sebuah mobil baru yang sangat bagus dan mahal, tetapi oli dan bensin yang diberikan adalah campuran dan bensin yag tidak berkualitas. Hasilnya, sebagus apapun mobil itu, ia akan tetap rusak dengan karburator yang cepat kotor dan mempercepat mobilnya turun mesin.
Hipocrates , the father of medicine mengatakan "let thy food be your medicine", yang artinya, jadikan makanan utamamu sebagai obat utamamu. Pada zaman hipocrates, seorang dokter dituntut harus menjadi ahli gizi, yaitu yang memberikan atau membuat resep makanan langsung untuk pasiennya secara rutin. Ironisnya, kebiasaan baik ini sudah mulai hilang gi era modern ini, bahkan disekolah-sekolah kedokteran masa kini, materi pelajaran tentang gizi hanya diberikan sangat sedikit. Akibatnya, para dokter zaman sekarang sering melupakan dampak makanan terhadap penyakit dan pentingnya makanan seimbang dalam mengobati permasalahan tubuh. Para dokter lebih fokus pada obat dan penyakit si pasien daripada tubuh pasien atau dalam menghadapi berbagai persoalan tubuh yang kompleks.

- Drugs oriented and disease oriented

Kita semua tahu berobat kadang memang diperlukan untuk membantu ketidakmampuan tubuh dalam proses menghadapi berbagai penyakit, akan tetapi ingat bahwa obat selamanya hanya sebagai pemeran pembantu, bukan pemeran utama dalam perbaikan tubuh. Justru tubuh dan nutrisi makananlah yang punya peranan penting dalam perbaikan kerusakan tubuh, seperti yang dikatakan kepala bagian pharmatologi rumah sakit Bridham Boston AS, "No drug can be considered safe", yang maknanya "hampir tidak ada satupun jenis obat pun yang dianggap aman untuk tubuh". Kita semua tahu bahwa dunia kedokteran semakin hari semakin ditunjang oleh peralatan modern yang super canggih. Tapi herannya, mengapa justru orang sehat semakin langka pada abad 21 ini. Saya melihat ada mata rantai yang hilang dalam dunia kodekteran modern sekarang, yaitu "pendekatan pada perbaikan pola hidup dan pola makanan". Kegagalan dunia kedokteran modern terjadi karena pendekatan pada obat dan penyakit lebih diprioritaskan daripada pada perbaikan pola hidup dan pola makan yang menjadi penyebab utama berbagai penyakit, khususnya penyakit - penyakit degeneratif.

0 komentar:

Posting Komentar