feedburner

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur adipisicing elit,
sed do eiusmod tempor incididunt ut labore
et dolore magna aliqua.

Bagaimana mengoptimalkan tidur kita

Label: knowledge

Banyak orang berusaha mengoptimalkan kualitas hidup mereka dengan cara yang salah, seperti makan berbagai jenis obat tidur ( baik obat tradisional maupun obat kimia sintesis lewat resep dokter ). Mereka tidak menyadari bahwa obat terkadang hanya akan membantu sementara waktu , tetapi tidak untuk memperbaiki kualitas tidur kita. Dibawah ini beberapa tips alami yang dapat anda coba untuk mengoptimalkan kualitas tidur anda :

1. Lakukan olahraga secara teratur minimal setiap 2 hari sekali, dengan target bisa berkeringat. Bila anda sering sulit untuk tidur, lakukan kegiatan ini pada sore hari agar relaksasi otot mudah terbentuk di malam harinya untuk memudahkan rasa kantuk.

2. Hindari minum banyak sebelum tidur, tapi minumlah dua atau empat jam sebelum tidur, agar ketika tidur tidak terganggu oleh rasa ingin buang air kecil di malam hari.

3. Hindari makanan padat pada malam hari. Sebaiknya empat jam sebelum tidur sudah berhenti makan. Kalau menjelang tidur masih terasa lapar, sebaiknya makan buah - buahan saja. Kebiasaan makan makanan padat menjelang tidur akan mengganggu kualitas tidur kita dan pengolahan makanan dalam tubuh pun tidak optimal ketika kita tidur. Karena ketika tubuh istirahat pada malam hari, seharusnya energi dimaksimalkan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, tetapi tidak karena sebagian tenaga digunakan untuk mengolah makanan yang kita makan. Akibatnya, kita sering merasa tidur selalu tidak segar ketika bangun. Malah badan terasa pegal - pegal.

4. Selalu berdoa dan mengakhiri aktivitas kita dengan senyuman sebelum tidur. Ajaklah tubuh kita tersenyum walaupun cuma sesaat sebelum tidur. Hal itu akan memperbaiki kualitas tidur kita.

0 komentar:

Posting Komentar